Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
Ok kali ini saya akan membahas tutorial membuat aplikasi Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5. Sebenernya ini bukan hal yang baru di blog ini, sebelumnya saya sudah membuat artikel semacam ini di sini.Tapi karena cepatnya update dari Vuforia dan Unity alhasil saat ini banyak sekali yang bingung mengikuti tutorial saya karena sudah tidak relevan lagi. Karena banyaknya pertanyaan dan request maka kali ini saya bahas tentang cara membuat aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.
- Unity, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Unity 5.1.1f1. Unity dapat didownload di sini.
- Vuforia SDK, dalam tutorial ini saya menggunakan vuforia-unity-5-0-5. Vuforia dapat didownload di sini. Pilih 'Download for Unity'.
- Android SDK, ini adalah tools wajib untuk membuat aplikasi android. Dapat didownload di sini.
Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baru
Blank project unity |
Langkah 2 : Ubah project ke Android
Ubah project unity ke android |
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Pengaturan player |
Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi |
Dan juga pengaturan bundle identifier
Atur bundle Identifier |
Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
Double click Vuforia SDK |
Centang semua elemen import
Centang semua untuk import Vuforia SDK |
Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene |
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
Disable 'Don't use play mode' jika error |
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
Definisikan marker untuk target |
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Marker |
File .unitypackage berisi dataset marker |
Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
Tentukan dataset pada Image Target |
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
Menletakkan object AR |
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset |
Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
ConversionConversion EmoticonEmoticon