Tutorial Augmented Reality dengan Vuforia Extension | Unity3D 4

Tutorial Augmented Reality dengan Vuforia Extension | Unity3D 4


Assalamualaikum Wr. Wb
Pertama-tama, pastiin dulu kalian sudah install Unity3D di laptop kalian masing-masing yaa :). Untuk sdk-nya kita menggunakan sdk extension dari Vuforia. Kita mesti download sdk extension-nya supaya kita bisa develop AR di Unity. Nah, sedikit promosi yaa, supaya kalian download sdk nya lebih kenceng + koneksi lancar, mending pake paket koneksi internetnya dari Indosat aja. Tinggal pilih paket internet yang kalian inginin, daftarin paket internet kalian, terus lanjutin deh downloadnya :)

Anyway, abis selesai download sdk extension-nya, terlebih dahulu kalian mesti install Unity3D. Setelah terinstall Unity3D kalian, bikin project dengan nama sesuka kalian, disini saya bikin project "NyancatProject".


Kedua, install sdk extension yang kalian download tadi abis itu pilih import.


Kemudian, sekarang kita atur prefab-prefab yang dibutuhkan. Pertama, hapus dahulu object Main Camera pada tab Hierarchy. Pada tab Project, cari folder Prefabs lalu drag prefab ARCamera dan ImageTarget ke Scene kita. Atur sedemekian rupa letak prefab tersebut seperti pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya, untuk prefab ImageTarget, kita harus menentukan marker apa yang digunakan. Caranya kalian harus upload marker yang kalian inginkan ke TargetManager yang disediakan dari Vuforia. Setelah kalian upload, kemudian download hasilnya kedalam bentuk *.unitypackage. Sebagai contoh, saya udah upload marker saya, silahkan kalian download markernya tersebut disini. :) Setelah didownload, double click file tersebut lalu import.


Pilih object ImageTarget pada tab Hierarchy, lalu pada script Image Target Behavior, pilih dataset yang diinginkan. Kemudian pada object ARCamera, lalu pada script Data Set Load Behaviour, check list Load Data Set dan Activate. Perhatikan gambar dibawah ini, gambar yang kiri untuk pengaturan object ImageTarget dan gambar yang kanan untuk pengaturan object ARCamera.

Setelah pengaturan object selesai, sekarang kita tinggal tambahkan model 3D yang kita inginkan ke scene. Yang saya tahu, Unity3D dapat menerima model 3D berekstensi *.obj dan *.fbx . Bedanya, ekstensi fbx dapat digunakan untuk model 3D yang memiliki animasi. Disini saya menggunakan model 3D "nyancat" pada blender, lalu export file tersebut ke ekstensi *.obj . Kemudian, drag file model 3D tersebut beserta texturenya ke Unity, buat folder baru untuk model tersebut (supaya rapi aja sih hehe :p). Lalu, atur ulang texture model tersebut seperti gambar berikut :


Drag model 3D tersebut ke scene lalu atur posisi dan skala model tersebut. Terakhir, tempatkan object model 3D tersebut kedalam(inherit) object ImageTarget pada tab Hierarchy.


Oke, semua proses pembuatan AR telah selesai, sekarang saatnya kita launch skema AR ini ke smartphone kalian masing-masing. Pertama, pilih platform Android lalu klik Switch Platform. Lalu pada Player Settings, tentukan namaBundle Identifier "com.Company.ProductName" sesuai yang kalian inginkan (Contoh : com.denmasmr.Nyancat), kemudian pilih minimum API Level kalian (kalo saya Android 2.3.3 Gingerbread). Tambahan, tentukan default orientation yang diinginkan (saya memilih Landscape Left). Setelah selesai, pilih Build and Run dan tunggu hingga proses selesai dan jangan lupa untuk save scene yang telah dibuat ini.

Berikut adalah hasil belajar kita kali ini :)




Alhamdulillah, selesai juga belajar Augmented Reality kita kali ini. Lain kali kita bakal belajar lain lagi, mungkin kita akan belajar Augmented Reality dengan object yang beranimasi. Semoga bermanfaat yaa dan jangan lupa ajarin juga ke teman kita yang lain :) . Mohon maaf kalo ada kekurangan. Terima kasih. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
March 6, 2019 at 6:16 AM ×

min mau tanya. spesifikasi lptop untuk membuat AR itu berapa biar nggak lemot

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment